fb_img_1487833076911

Jelang Ramadhan tahun 2014 Rizky 5,5y dan Nazwa 3,5y resmi menjadi bagian dari keluarga kami. Masya Allah bahagia rasanya seperti mimpi tapi nyata.Rumah yang biasa sepi berubah ramai.

Tentu dengan tantangan tersendiri mereka beradaptasi dengan lingkungan baru. Begitupun kami. Malam pertama sampai sebulan penuh dihiasi dengan tangisan Nazwa terutama saat malam hari masih lekat dalam ingatan Alm Mama Iis yang selalu menemani tidurnya. Maklumlah 3 hari setelah wafat mamahnya anak ini kami ambil.

img-20170218-wa0003

Diantara kami tidak ada hubungan keluarga sehingga betul2 mengalami percepatan adaptasi.  Rizky dengan karakter bawaan yang cenderung bebas menampakkan protesnya dengan temperamental.Nazwa yang masih cengeng minta gendong terus dan ngambekkan dengan kata2 sunda khasnya embung (ngga mau).

Hanya dengan kesabaran, doa  dan kemudahan2 dari Allah akhirnya perlahan2 mereka bisa nyaman dengan kami. Subhanallah sungguh luar biasa anugrahMu Ya Allah. insya Allah kami akan menjaga amanah ini sebaik mungkin.

Iklan

Memori Rizna

Porseni Ancol

Porseni Ancol

IMG-20170326-WA0005

Kamis 9 Maret 2017 Nazwa bersama teman2 sekolahnya di RA Asy Syahidah kec.Larangan mengikuti Lomba  Pekan Olah Raga  dan Seni di Ancol dalam rangka Hari Amal Bhakti Kementrian Agama Kota Tangerang.

RA Asy Syahidah mengikuti dua lomba lomba Puitisasi dan Menyanyi Bersama.Nazwa dan teman2 sangat serius dan disiplin saat latihan jauh hari sebelumnya.

IMG-20170321-WA0009

Hari H sangat ditunggu walaupun sejak malam air hujan terus menerus membasahi bumi. Habis Subuh kami kumpul di pinggir jalan raya Deplu menggunakan bis besar. Waaah kami senaaaang sekaliiii. Jam 6.30 kami start dengan pembukaan oleh Ummi Intan sebagai Kepala Sekolah dan dipimpin doa oleh teman kami ananda El Fath. Bismillah bis melaju. Biar lambat asal selamat yaaaa bapak sopir yang baik hati.

Sepanjang perjalanan masih diiringi hujan. Begitupun sampai Ancol. Kami sabar menunggu di bis sementara dua orang guru turun untuk daftar ulang.

Kami mendapat no.urut yang tidak terlalu lama. Akhirnya dengan berhujan2an di bawah payung dan jas hujan kami menuju arah panggung.

Kami sih senang2 aja berjalan di bawah guyuran hujan. Tak terpikir lomba ini mau menang atau tidak mendapat juara bagi kami tidak masalah yang penting kami happy bisa tampil di panggung setelah lama latihan di sekolah.

Saat tampil banyak teman2 yang sudah basah bajunya bahkan sudah terlihat kurang rapih. Tapi juri nampaknya maklum karena situasi dan kondisi darurat.Aku bersama teman2  tampil di lomba Puitisasi Surat Al Ikhlash dengan artinya. Alhamdulillah legaaa rasanya sudah tampil. Hasilnya kami serahkan kepada Allah yang penting sudah berusaha menampilkan yang terbaik.

Kami kembali ke bis untuk siap2 pulang. Bis belum bisa keluar karena bis depannya belum maju.Akhirnya kami makan dulu deh di bis. Alhamdulillah tidak lama bis bisa keluar parkiran dan menuju play ground di pinggir partai karnaval. Rencana semula kami mau ke pantai lain dan mau naik perahu bersama tetapi karena cuaca kurang bersahabat mamah2 kami khawatir akan angin kencang dan laut pasang.

Aku.dan teman2 tetap bergembira bermain walaupun tidak sesuai rencana. Lumayanlah waktu satu jam dimanfaatkan sebaik2nya.

Sampai di rumah aku dan Ummi segera siap2 sholat Zhuhur bebersih dan bobok siang.Lelaaah rasanya tapi senaaang bisa punya pengalaman lomba antar RA se Kota Tangerang.

IMG20170327093543

Pas bangun tidur Ummi mengabarkan berita gembira. Selamat nazwa dkk berhasil juara. Puitisasi juara1 dan Menyanyi bersama Juara 2. Alhamdulillah tidak sia2 pengorbanan kami dan usaha keras latihan selama ini di bawah asuhan Bu ismawati, Bu Syarah.dan Bu Deliana. Jazakillah khoir ya Ibu guru sayaaang. Semoga berkah buat semuanya. Trima kasih.

Salam sayang

Nazwa

IMG20170327093356.jpg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tantangan Flyng Fox by Abi RizNa

Tantangan RizNa bermain Flyng Fox di Kp.Main Cipulir By Abi RizNa

 

Menguntai ikatan tali bukanlah sesuatu yang sulit. Namun menguntai ikatan hati……..???

Jejak jejak kelam di masa silam itulah diantara penyebab sekat untuk melekatkan hati si Nazwa kepada kami…khususnya Ummi. Kemurungan..kesedihan..tangisan senantiasa menghiasi awal awal bulan kehadirannya. Tapi Alhamdulillah dengan kesabaran…akhirnya semua berbalik arah….

” From darkness to brightness….from sadness to happiness…from lonely to lovely…..”Tak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini…..ketika kita melihat sesuatu tampak seolah sepenuhnya sempurna…ternyata suatu ketika kitapun menemukan kelemahannya…demikian sebaliknya…ketika terlihat kekurangan seolah menyelimuti…tampillah kebaikan yang sebelumnya tersembunyi…

Adalah sebuah tantangan tersendiri ketika kita ingin memoles sesuatu..namun sesuatu itu telah terpoles sebelumnya bahkan oleh polesan polesan yang mengganggu.

Demikianpun yang ada pada diri Rizky dan Nazwa….

Diantara sekian ciri bawaan masa lalu yang masih harus terus dihapus dan dipoles  dengan yang baru….ada satu yang perlahan tapi pasti mulai terlihat di masa masa awal kehadiran mereka….yaitu keberanian…

Sebagai ummi abinya sangatlah wajar untuk senantiasa memantau dan menguji masing masing karakter yang dimilki dengan beragam  ” bahan uji”  yang tersebar kuas dalam kehidupan ini

FLYNG  FOX…..yah…mungkin ini menjadi salah satu pilihan yang relevan….khususnya untuk Nazwa.Maka Rizna pun kita ajak ke sebuah kampung main yang didalamnya terdapat berbagai area hiburan….salah satunya adalah Flying Fox

Dengan ketinggian yang setara tiga sampai empat kali lipat ketinggian Flying Fox yang pernah Nazwa jalani  bersama rekan tk-nya. Tentu hal ini akan menjadi sesuatu yang cukup menantang…untuk Nazwa  yang saat itu berusia 4 tahun.

Kamipun melihat kebanyakan pemakainya setara dengan usia Rizky ke atas. Mayoritas belasan tahun…

Awalnya ogah ogahan…entah takut atau ngeri  ( he he he sama aja yaa ? )….tapi dengan motivasi yang kuat dari umminya…akhirnya dia bersedia…

Ready….? ” LET’S  START  CLIMBING  UPSTAIRS ”  begitulah kra kira  aba aba dari instruktur kalau dibahasakan dengan bahasa sebelah.

Sang Mujahidah pun mulai menapakkan kakinya…satu demi satu…..cengkraman tangan demi cengkraman tangan….tarikan napas demi tarikan napas beriringan….

Tentu sebagai seorang anak perempuan berusia 4 tahun..pijakannya tak sekokoh kakaknya yang yang sudah berusia 6 tahun yang mengikuti dibawahnya…maka dia beberapa kali sempat menengok ke bawah….aduuuhh…apakah dia ingin berhenti karena kelelahan…? Oleh sebab itu umminya terus berteriak  menyemangati dan menasehati bak seorang instruktur berpengalaman”  dari arah  bawah..

” Ayo dik..terus semangaaat…tinggal dikit lagiii…jangan liat bawah lagii…ntar ngerii..”

Tapi anehnya umminya kok sambil tertawa geli yaa ketika berteriak teriak dari bawah memberikan instruksinya…? Mungkin dia sedang merasakan campur aduknya perasaan antara…..bahagia…was was…dan tentu saja…geli..

Step by step……..Alhamdulillah..Allahu Akbar..tangga terakhir akhirnya berhasil dia injak…

Kemudian dengan sekian menit persiapan….tibalah detik detik Nazwa melayang dari ketinggian

Jujur..saya sebagi abinya..hampir tak percaya…kalau dilihat dari arah bawah kita berdiri..tampak begitu tingginya flying fox itu..khsusnya bagi anak 4 tahunan.

Dan diluar dugaan….sekali lagi umminya tertawa geli…tertawa terbahak bahak..sebagaimana kegelian  ketika memberi instruksi saat nazwa meniti tangga….lho…kok bisa..?

Tampaknya jauh dari ketinggan terdengar gelak tawa  bersaut sautan dari seorang yang bernama

Nazwa….yaah..begitulah…seandainya  gambar ini bisa berbicara….andapun akan mendengar gelak tawanya….

Bukan jeritan ketakutan..?  tangisan…?

Mungkin seandainya Nazwa sudah bisa bahasa Inggris waktu itu..akan mendendangkan sebuah syair lagu…..    ” I CAN  SEE  I  CAN  FLY…”

Dia tampak meluncur dari ketinggian dengan jarak yang lumayan panjang….menikmati keunikan dan tantangan yang disajikan oleh flying fox itu

Dan….Alhamdulillah…dalam hitungan detik atau mungkin menit…dia akhirnya menginjakkan kakinya lgi di bumi Allah.

Lega….puas…sedikit was was…dan..tentunya bangga…

Namun kesudahnnya…menyimpan sesuatu yang  “menyentil”pikiran kami…

Memang sepintas cukup bagus dan menantang….tapi sempat terbayang dalam benak kita….seandainya terjadi musibah…..

Ahh…ya sudahlah….semua sudah terjadi..semoga ke depannya jadi pelajaran…jangan hanya melihat dari segi TANTANGAN dari sebuah permainan..tapi juga harus dilihat RESIKO  yang mungkin akan dihadapi….

I  CAN  SEE  I  CAN  FLY………

IMG-20170228-WA0036

Memori 2014

Abi Rizna

Belajar di Pemadam Kebakaran Lebak Bulus

RizNa Belajar di Pemadam Kebakaran Lebak Bulu

Assalamualaikum teman

Semangaaaat Pagiiiii

15 November 2016

Ceriaaaa 🌻🌷🌻

hqdefault

RizNa mau cerita nih pengalaman belajar di Pemadam Kebakaran Lebak Bulus. Pastinya seruuuu dooong 🙃🙃🙃

Pagi2 kami sudah sampai di kantor Dinas Pemadam Kebakaran Jl.Lebak Bulus Raya 010 / 07 Pondok Pinang Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Kami naik ke lantai 4 tinggi yah dan tidak ada lift nya lhooo tapi kami kuat naik semangat bersama teman2 dari RA Asy Syahidah pimpinan Ummi kami tercinta.

img_20161115_092420

Di atas kami disambut oleh bapak petugas damkar yang menjelaskan bermacam2 alat yang digunakan untuk menanggulangi kebakaran, banjir, dan bencana lainnya.Owwh jadi petugas damkar buka hanya membantu korban kebakaran saja teman.Mereka disebut juga regu penyelamat.Ada call center yang bisa dihubungi yaitu 112 atau 113 tapi tidak boleh main2 ya dengan no tersebut jika memang diperlukan saja.

Kami sangat tertarik dengan penjelasan bapak petugas apalagi dilengkapi dengan penayangan video animasi.

img-20170227-wa0015

Setelah penjelasan, kami memberikan sedikit tanda kasih sayang lalu turun lgi ke bawah untuk naik mobil damkar. Yeeeah asyiiik.Tapi sabar yah bergantin karena hanya ada 2 mobil yang dioperasikan.Jangan lupa yah doa naik kendaraannya.Kami naik mobil damkar satu keliling kantor damkar.Lhoo kok kendaraan lain menepi yah memberi jalan kami.Iyaaa karena mobil damkar membunyikan sirenenya uwiing….uwiiing…uwiiiiing…..hehehe seruuu.😃😃😃

Naaah ada lagi nih yang tak kalah seruuuu…..👀

gambar-mobil-pemadam-kebakaran-tercanggih-02

RizNa dkk akan melakukan simulasi pemadaman api. Airnya langsung dari selang mobil pemadam kebakaran.Wusssh airnya deras dan kencang bangeeet.Acara diakhiri dengan main hujan pura2, main basah2an horeeewwww….😅😅😅

img-20170227-wa0016

Kami ganti baju setelahnya dan makan bersama dengan lahap karena abis basah2an kan laper yaaaah.Bismillah.

Pulangnya kami dapat buku komik tentang pemadam kebakaran.Trima kasih bapak petugas pemadam kebakaran yang baik hati dan pemberani.

IMG20170221201136.jpg

Subhanallah tugas mereka berat sekali taruhannya nyawa apalagi  semboyan mereka pantang pulang sebelum padam. Banyak lho diantara mereka yang ketika tugas tertimpa bangunan, kesetrum, cedera fisik dll bahkan ada yang meninggal saat bertugas. Inna lillaahi wa inna ilaihi rooji’uun.Semoga menjadi amal sholeh dan selalu dalam kebarokahan.

Saluuut buat para petugas damkar. Masya Allah 👍👍👍

Salam Ukhuwwah

RizNa

Belajar Perlebahan@Cibubur

Belajar Perlebahan di Taman Wisata Lebah Madu Pramuka Cibubur

img-20170227-wa0002

Alhamdulillah Rabu 4 Januari 2017 RizNa berkesempatan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh HSKM Tangerang.Baru ikutan pertama niiih tapiiii langsung seruuuu….😁

Rizna dan Ummi berangkat dari rumah di tengah rintik hujan naik gocar menuju rumah tante Ika Ciledug.Di sana sudah menunggu tante Riva tante Rona dan tante Nidya.Kami akan berangkat berombongan bersama beberapa anak HSKM  yang baru pertama ketemu tapi langsung akrab.

Sampai di lokasi jam 10 lewat.Acara tidak bisa on time maklumlah karena semalaman hujan menimbulkan macet di mana2.

Sampai di saung sudah banyak teman2 HSKM kami bersiap baris menuju ruang audio visul yang berbentuk gua. Kami mendapat banyak pengetahuan tentang lebah di sana.

img-20170227-wa0008

Sementara Rizna dkk nonton perlebahan.Bapak Ibu dijelaskan tentang manfaat terapi lebah buat hampir semua jenis penyakit. Eeeh lagi ada promo sengat lebah gratis lhoo untuk sekali disengat lebah.Waah hebaaat Ummi Rizna berani disengat tengkuknya.Kata Ummi sakit sedikit seperti disuntik setelah itu agak pegal.

Ada sedikit info niiiih.Lebah termasuk serangga yang menghasilkan madu dari percampuran enzim lebah dan nektar bunga yang ada di pertanian / perkebunan/ hutan.

Dari tempat hidupnya ada dua jenis lebah ya teman

  1. Lebah Apis Dorsata atau lebah hutan.Dia hidup liar di pohon dari tanaman hutan. Biasanya bersarang di ujung cabang pohon sehingga lebih sulit bagi pencari madu hutan mengambilnya .Bisa 100 sd 200 sarang yang ada di pohon. Warna madu hutan rata2 merah gelap dan encer karena lebih besar terpapar air hujan.
  2. Lebah Mellifera atau lebah ternak, peternak lebah mengangon lebahnya ke perkebunan / pertanian dan biasanya petani senang karena lebah dapat membantu proses penyerbukan sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian / perkebunan. Warna madu ternak warnanya lebih cerah.

Dari jenisnya ada tiga jenis lebah : lebah ratu, lebah jantan dan lebah pekerja

  1. Lebah ratu bisa hidup 30x lebih lama dari lebah pekerja lho. Dia bertelur kurang lebih 2000 / hari. Masya Allah.
  2. Lebah jantan : tugasnya mengawini ratu setelah itu langsung mati.Lebah jantan ini tidak menyengat ya teman.
  3. Lebah pekerja : naaah lebah ini yang paling sibuk.mulai dari membuat sarang, memberi makan lava, mengumpulkan madu dan bee polen sebagai sumber pekan semua anggota koloni dan mempersembahkan royal jelly kepada sang ratu dalam satu koloni. Pantes ya ratu hidupnya lebih panjang dan kuat dengan tugas beratnya bertelur ribuan dalam sehari karena tiap hari dia makan royal jell.

img-20170227-wa0004

Setelah kami melihat film.Siap2 nih acara yang paliiing seruuu….kita mau langsung kenalan sama lebah2. Rizna dibantu Ummi pakai masker jaring dulu biar aman. Hussss……jangan pada  berisik yaaah gerakannya di kontrol.Lebah tidak suka berisik.Yang tenaaaang yaaah.Kalau tidak hati2 bisa disengat, tapi jangan khawatir banyak om dan tante pawang yang akn membantu kalau terjadi apa2…….😂😂

Istimewanya kami boleh mencoba pegang lebah tapi yang jantaaan yaaah.Tau kan kenapa ???

Istimewa yang ke dua Rizna dkk boleh minum air madu.Rizna minum sampai 3 gelas. Bismillaah segaaar setelah tadi puas bermain dengan lebah. Om pawang berpesan untuk rajin minum madu biar sehat. Oke Om, Rizna sudah biasa kok tiap hari minum madu, supaya badannya kuat sehat dan otaknya cerdas, bahkan para penghafal quran juga dianjurkan minum madu secara teratur.Tapi madu asli yaaah karena di pasaran banyak juga madu palsu.Jahat yang orang yang palsukan madu. Telitilah sebelum membeli madu. Cobaaa tanya Ayah Bunda kalian yaaa apa beda madu asli dan palsu.Bisa kalian praktekkan uji coba di rumah.Aku juga mau aaah.

Adzan Zhuhur terdengar Rizna dan ummi segera sholat berjamaah lalu berkumpul kembali untuk games dan tukeran kado ala HSKM.

Hari yang indah.Subhanallah.Dapat banyak teman baru dan ilmu baru. Masya Allah yah manfaat madu banyaaak sekali buat kesehatan kita. Bahkan Allah mengabadikan dalam Surat An Nahl yang artinya Lebah.

Teman2 yang mau  belajar perlebahan bisa langsung datang ke Komp.Wiladatika Cibubur Jakarta Timur.

Jam buka Senin sd Jumat Pk. 08.00 sd 16.00 dan Sabtu hanya sampai jam 13

Lebih jelasnya tengok website :http://madupramuka.com

Salam Ukhuwwah

Rizna

Aku Suka Membaca

Aku Suka Membaca

img20170222174411

Aku sedang baca buku Thomas A Edison

Aku mulai bisa membaca usia 7 tahun saat kelas 1 SD. Banyak lho teman2 ku yang ketika TK sudah lancar membaca. Tapi kata Ummi tidak masalah dan tidak ada kata terlambat untuk mulai membaca.yang penting aku sudah menyukai buku bacaan sejak dini.

Beruntung aku punya Ummi yang faham kemampuan diriku. Pelan2 Ummi membimbingku sehingga bisa seperti sekarang ini. Aku sangat suka membaca.Sampai2 ketika makanpun sambil baca, tapi kata Ummi itu tidak baik karena kita harus fokus pada saat makan tidak boleh bersama dengan kegiatan lain misal sambil baca, sambil main, sambil nonton apalagi sambil pegang hape. Adab makan sangat diperhatikan oleh Ummi.

Awalan Ummi sering menceritakan isi buku bergambar dengan intonasi dan pembawaan yang menarik.Buku yang pertama Ummi bacakan adalah buku tentang Nabi Muhammad saw sejak sebelum lahir sampai wafatnya, Khulafaurrosyidin, sahabat Nabi yang lainnya, ibunda para Nabi dan kisah teladan. Ummi menyiapkan banyak buku bacaan bermutu di rumah.Ada semacam pustaka kecil di rumahku.Belum banyak sih koleksinya.Suatu ketika aku ingin rumahku penuh dengan buku bacaan dan siapapun bisa meminjamnya asalkan bisa menjaga karena buku adalah harta berharga.

Pernah lho saat liburan RizNa mengeluarkan semua koleksi buku dan dijejerkan di karpet plastik yang digelar di teras. Teman2  berdatangan untuk ikut membaca bersama. Waaah aku sangat senang sekali.Banyak diantara temanku yang tidak terbiasa dengan buku bacaaan. Mungkin beberapa di antaranya lebih asyik dengan gadget, ps atau televisi.

Alhamdulillah Ummiku sangat disiplin masalah gadget dan tv. Ummi dan RizNa membuat kesepakatan main games pendidikan di hp Ummi hanya sepekan 2x saja biasanya Sabtu Minggu. Kalau libur panjangpun berlaku hanya 2x sepekan.Kalau tv hanya diijinkan melihat cd yang sudah dipilihkan itupun sepekan 2x  juga. Awalnya kami berat dengan diet gadget dan tv tapi Ummi sering memberikan RizNa pemahaman.

img20170226204907

Kapan2 akan aku ceritakan yah bagaimana Ummi menerapkan diet gadget dan tv kepada RizNa.Sekarang kami sudah biasa bahkan seringkali sepekan tv tidak menyala karen kami punya kegiatan menarik lainnya.Mungkin bisa jadi masukan juga buat teman2 yang hari2nya masih dipenuhi dengan full gadget hehehe

Sampai akhirnya pelan2 aku tertarik membaca sendiri buku dengan banyak gambar dan lambat laun akupun menyukai bacaan yang bersifat ilmu pengetahuan bahkan novel yang tidak ada gambarnya juga aku suka.Aku ingat novel yang pertama kubaca adalah Hafalan Sholat Delisa.Sekarang aku sedang suka membaca biografi tokoh2 dan penemu2.

Aku ingat pesan Ummi kalau kita suka membaca sejak kecil akan meluaskan wawasan, ilmu kita bertambah, pola pikir kita berkembang,waktu kita bermanfaat, emosi kita lebih stabil dll. Banyaaaak deh manfaatnya.

img20170222174503

Apalagi kata Ummi ayat yang pertama diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW adalah Iqro’ yang artinya bacalah.Jadi kita sebagai Umat Nabi SAW harusnya juga suka membaca seperti Rasulullah walaupun beliau Umi ( tidak bisa baca tulis ) tapi beliau pandai membaca ayat2 Allah baik ayat Kauniyyah yaitu ayat2 yang ada di alam semesta dan ayat2 Qauliyyah  yaitu ayat2 Quran yang beliau sudah sangat hapal karena Alquran ada di dalam dada beliau.

Aku juga suka diajak Ummi ke toko2 buku dan ke perpustakaan.Kapan2 yaah aku ceritakan. Insya Allah

Salam Ukhuwwah

RizNa

My Lovely Weapon By Abi RizNa

My Lovely Weapon By Abi RizNa

img-20170226-wa0024

 

Senjata identik dengan peperangan…identik dengan kekerasan…pun dengan keberanian.

Kemunculan senjata bukan hanya tampak di dunia layar lebar saja…namun di dunia nyatapun diwarnai kemunculannya.

Seorang penembak jitu harus berkerut dahinya untuk menyarangkan pelurunya tepat ke sasaran.

Namun jangan lupa..anak anak pun berkesempatan menembak “ala dunia nyata” dengan senjata softgunnya.

Sebagaimana segudang pengalaman pahit yang pernah dialami Rizky di masa lalunya..segudang pengalaman  “unik”  pun Insyaa Allah akan dia alami.Qodarullah saya berkesempatan menyiapkan dia sebuah sofgun laras panjang….untuk apakah …???

Yah..untuk apa saja..yang jika sedang ada dalam genggaman Rizky ada manfaatnya…benarkah..?

img-20170226-wa0023

Setelah saya sendiri mencoba mnggunakan softgun tersebut dengan menembakkan peluru sasaran tembak…saya berkesimpulan….ini senjata yang bagus…akan bermanfaat  jika penggunaannya diperuntukkan untuk melatih anak anak…tentunya dalam pengawasan yang ketat

Karena selama proses menembak..sejak mengincar hingga membidik dibutuhkan fokus / konsentrasi yang tinggi jika ingin membidik sasaran dengan tepat…

Disini melibatkan koordinasi antara mata…pikiran..dan pengaturan napas…..

Ketika pertama kali latihan..Rizky yang kala itu berumur 6 tahun…jangankan bisa membidik sasaran dengan baik….bahkan dari cara memegangnya hingga proses membidik masih sangat tidak stabil.

Namun secara bertahap…ada kemajuan…hingga suatu saat…..kala pertama bidikannya mengenai sasaran…..dia langsung berteriak….dan saya langsung bilang takbir…Allahu Akbar.

Begitulah manusia…ketika dia memiliki sebuah “pegangan” akan mampu menimbulkan  rasa percaya diri..demikianpun dunia anak.

Saya mencoba membawa Rizky untuk memperluas  “fantasy” nya..bukan hanya latihan menembak dalam posisi duduk atau berdiri di depan rumah…namun dengan latihan menembak posisi beragam…termasuk posisi merunduk…tiarap

Qodarullah saya melatih hal tersebut…baik di sebah tanah lapang yang luas maupun di area taman yang luas…..yang sudah kita perkirakan aman dan memungkinkan situasi dan kondisinya

Dan seperti yang saya duga..ketika saya mencoba mengambil gambar Rizky dalam berbagai posisi menembak..sempat menjadi pusat perhatian banyak orang yang ada di sekitar taman……wahh..tampaknya si Rizky bak  “Seorang Aktor Jago Tembak” yang sedang memainkan perannya

Tak puas sampai di situ…ketika saya teringat di Ramayana ada suatu area bermain yang ada bagian bagian yang dijadikan  “shooting pose”,  akan sangat menarik

img-20170226-wa0027

Maka tak ayal sayapun mengajak si Rizky untuk ke sana sambil membawa softgun dalam tas plastik.

Karena tampak tonjolan dari dalam plastik semacam bentuk senjata…maka kamipun menjadi sorotan banyak mata…dan….ACTION…!!! Seperti pengalaman sebelumnya Rizky pun menjadi pusat perhatian banyak orang

Satu pengalaman yang paling menantang adalah ketika Rizky saya  “tantang” untuk berpose menembak dalam keadaan sedang berenang di kopam renang Puri Beta….dengan resiko kalau senjatanya jatuh terendam dalam air…tamatlah riwayatnya

img-20170226-wa0026

Dalam pengalaman ini di merasakan “fantasy” yang lain yang mungkin jarang dialami rekan sebayanya

Anak anak yang sedang berenang dan bermain di sekitarnya sempat mengerubungi dia….sambil ada yang coba memegang megang senjatanya..

Mungkin mereka berpikir…” ini kayak senjata beneran ya..?” jangan jangan emang senjata beneran…he he he…..sambil sesekali Rizky menawarkan..kamu mau difoto sambil pegang senjata ini….? tapi mereka pada geleng kepala…bahkan ada yang lari menjauh….he he he….

Ada yang kurang…..? tampaknya memang demikian…..

img-20170226-wa0025

Seorang mujahid harus siap berjihad di berbagai medan……maka diapun berkesempatan ketika mencoba menunggang seekor kuda di sebuah kampung bermain….dia sekali lagi berkesempatan berpose dengan menggenggam senjata kesayangannya….

IMG-20170226-WA0029.jpg

By Abi Rizna

We Are The Youngest Customers by Abi Pri

We Are The Youngest Customers

img-20170223-wa0002

Pengalaman adalah guru yang terbaik….pengalaman akan mampu meninggalkan kesan……seperti itulah kira kira diantara kemanfaatan yang bisa diambil dari pengalaman.

RizNa hadir dalam kehidupan kami setelah  “menggenggam berbagai pengalaman” di masa lalunya….sebagian diantaranya seperti yang diceritakan oleh neneknya  adalah akumulasi dari pengalaman pengalaman yang negatif…

Tentu saja ini sangat tidak menguntungkan  bagi mereka berdua yang bisa jadi ada diantaranya yang bersemayam di alam bawah sadarnya.Oleh karena itu kami bertekad untuk memberikan berbagai pengalaman  kepada mereka sebagai bagian dari upaya penghilang jejak pengalaman negatifnya…

Suatu ketika… qodarullah sakit saya menyebabkan saya tidak kuat lama dalam ruangan ber ac. Padahal setiap selang beberapa hari akan selalu ada makanan tertentu yang harus saya beli di  Supermarket dekat rumah terkait dengan kondisi sakit saya….

Karena itu saya berinisiatif untuk meminta bantuan RizNa berbelanja di Supermarket tersebut  dengan saya menunggu di luar….

Mungkin kalau menyuruh anak 8,5y dan 6,5y  untuk berbelanja di warung merupakan pemandangan yang lazim.

Tapi…suatu ketika…..pemandangan di Supermarket menjadi agak  “unik”..ketika Satpam di dalam supermarket….penjaga buah…dan kasir mengarahkan pandangan mereka pada dua anak kecil yang dengan kekhasan sebagai anak kecil berputar- keliling ala orang dewasa…menyortir…memilah milah…memilih barang atau makanan yang harus dibeli…

Ketika saya pantau dari luar…terjadi proses proses yang  “interaktif” antara RizNa dan satpam…antara RizNa dan penjaga buah juga kasir…

Ya…bagaimana tidak…mereka mendapat  “JOB” untuk belanja di supermarket hingga nilai yang kadang mencapai 100.000….untuk item item barang yang beberapa diantaranya RizNa pun tidak mudah mengingatnya…seperti susu kedelai merek Soy Up….Roti Tawar Double Soft dengan batas kadaluwarsa tertentu…kacang koro kulit dengan merek tertentu…dll

Selama proses itu..terjadi hal hal yang lucu..seperti ketika Nazwa berlari keluar dengan semangatnya melapor mereka mencari merek soy up katanya tidak ada….ya jelas..karena saya melafalkannya pakai bahasa inggris..akhirnya saya jelaskan…Demikian juga untuk item item yang mereka ragu…barang atau makanan itu mereka bawa keluar dulu untuk ditunjukkan kepada saya…apakah benar….sambil saya lirik..si kasir tersenyum…

Sayapun melihat ketika dikasir…beberapa kali tampak si kasir trsenyum sambil terjadi percakapan percakapan tertentu dengan RizNa…

Begitulah..tampaknya RizNa sangat menikmati JOB baru mereka. Tidak lagi hanya mempraktekkan sentra peran  “pasaran” di kelas…tapi secara riil melakukannya sendiri…bahkan di Supermarket…dengan item dan nilai sebagaimana orang dewasa melakukannya

img-20170223-wa0009

GOOD  JOB  RIZNA…..kalian telah mencatatkan diri sebagai UNIQUE CUSTOMERS..bukan lagi sebagai pembeli…tapi sebagai customer…karena kalian melakukannya  berulang hingga kini

Mungkin layak bagi Supermarket ini untuk menyematkan pin bertuliskan  WE  ARE  THE  YOUNGEST  CUSTOMERS  EVER…….😄😃🤓

Abi RizNa

 

 

RizNa Chef Junior

20150929_151646

Liburan ngga selalu identik dengan jalan2 lho teman teman. Apalagi kalau pas musim hujan yah.Maleees ke mana mana maceeeet.Enak di rumah deh leyeh leyeh. Eits tapi jangan trus males2an.RizNa pingin minta ajarin masak aaah sama Ummi. Ummiku ini bukan orang yang pinter masak lhoo. Tiap Jumat Sabtu Ahad aja jadwal masaknya.Naaah ketebak deh rahasia Ummi jarang masak.hehehe maaf yaaah Ummiku sayangku…..

20151112_162601

Tapi Ummi mau kok sesekali ajarin RizNa bikin kue. Jangan tanya resep sama Ummi yah.Karena Ummi juga biasa nanya paman google.Terkadang sambil masak sesekali Ummi melirik hp nya yang diletakkan agak menjauh dari kompor.

Selama tiga tahun jadi anak asuh Ummi ada beberapa kue yang berhasil kami buat bersama.Sayangnya tidak semua ada dokumentasinya. Ummi  suka lupa motret.Ada bolu kukus, pudding, crepes, kue cubit, kue pukis, bitterballen, bolu biasa, kolak, pisang goreng, brownies, kue lumpur, bakwan, cilok, donat, ketan kinca duren , roti goreng dll. Masya Allah lumayan banyak juga yah,  prestasi lah buat kami hehehe

20150923_122043

Mudah2an kami bisa mengembangkan minat bakat cooking2 nih.Mana tau bisa jadi chef. Sayangnya Ummi kami ini moody kalau lagi rajin mau ngajarin, kalau lagi capek ya emoh. Kata Ummi beli aja deh praktis ngga repot. Nanti aj Insya Allah kalau ada  cooking class buat bocah2 mau didaftarin  tapi……..cari yang murmer lhooooo???

Salam Ukhuwwah

RizNa

Aqiqah RizNa

” Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya,  disembelihkan untuknya pada hari ke tujuh dan dicukur kepalanya serta diberi nama. ” HR Ahmad,  Abu Daud,  Attirmidzi,  Al Hakim dan Abdul Haq.

Ummi membacakan hadits ini dan menyampaikan niatnya akan mengaqiqahkan Rizky dan Nazwa insya Allah bergantian. Dimulai dari Nazwa 13 Novembe 2015 lanjut tahun berikutnya Mas Rizky 25 Juni 2016.

Kami sangat senang sekali mendengarnya, walaupun belum terlalu faham. Alhamdulillah senangnya kami juga karena bisa berbagi makanan dengan teman2 yatim Yayasan Asy Syahidah yang dipimpin oleh Ummi Intan.

img20170219113429

Sebagai kenang2an teman Ummi yang punya usaha aqiqah yaitu Ibu Ratna juga memberikan sertifikat aqiqah kepada kami. Trima kasih ya Abi Ummi dan Bu Ratna yang baru merintis usaha aqiqah ya semoga semakin sukses dan laris manis.

Alhamdulillah Rizna akhirnya sudah di aqiqah. Semoga teman2 yang belum diaqiqah bisa melaksanakannya yaaah jangan lupa berbagi dengan yatim di lingkungan kalian. RizNa ikut doain deh semoga orang tua kalian dimudahkan rejekinya Aamiin

Catatan Ummi:

Dari beberapa artikel yang Ummi baca terdapat perbedaan makna kata tergadai dalam hadits tersebut. Aqiqah bukan syarat untuk menebus anak dari Allah SWT sehingga orang tua bebas melakukan eksploitasi apa saja terhadap anak,karena anak bukanlah milik orang tua sepenuhnya. Maknanya juga untuk memberi motivasi orang tua untuk dapat menjamin masa depan anak terutama menyangkut agama dan akhlak. Seandainya aqiqah tidak sempat dilaksanakan tidak berarti menjadi hutang yang harus di bayar atau ditebus di kemudian hari sebagaimana halnya gadai pada penggadaian. Wallahu’alam.  (percikaniman.id)

Salam Ukhuwwah

Rizna

Jual beli dengan hafalan ala RizNa

Es…… Es…. Es Yoghurt siapa yang mau beli…. RizNa berteriak menawarkan dagangannya ke teman2 yang melintas di depan rumah.

Dagangannya es yoghurt yang di masukkan box dan diletakkan di atas meja bertuliskan harga. 🍧🍨🍦 Nazwa ikut membantu kakak dengan gayanya  menulis nama pembeli dan jumlah yang dibeli.

Ada beberapa teman yang membeli. Tapi ada diantaranya beberapa anak yang tidak membawa uang. Yaaah aku ngga punya uang, Rizky.

Karena rasa kasian Rizky berinisiatif agar temannya membaca 1 surat yang dihafal tapi ngga boleh sama dengan temanya ya dan setelahnya, boleh mengambil 2 es.  Ya sudah sekarang kamu baca satu surat pendek apa saja. Belinya pakai hafalan aja deh. 😃 Subhanallah ide yang bagus Rizky, terdengar Ummiku memuji dari dalam rumah sambil menghampiri kami. Alif yang menyetor surat Annaas dan Daffi surat Al Ikhlash setelah itu mereka mengambil es dengan riang sambil mengucapkan terima kasih

Selang beberapa lama …….datang sekelompok anak. Rizky…. aku juga mau dooong beli es dengan hafalan. Lhoooo…. Ya udah ayuk antri satu2.Waaah senangnya jadi murojaah berhadiah es ini mah.

img20170220063443

Setelah menuntaskan jual beli es dengan hafalan. Ummi mengingatkanku untuk bertanggungjawab membereskan semuanya dan siap2 karena sebentar lagi masuk waktu Ashar.  Kataku ke Ummi : Mi,  gimana nih aku jualan hari ini cuma dapat uang sedikit. Ummi tersenyum sambil berkata :Ngga apa2 Rizky,  jual beli ngga harus dengan uang. Jaman dulu juga ada yang namanya barter,  jadi beli barang ditukar dengan barang juga yang kira2 senilai. Subhanallah malah teman2 Rizky jadi semangat tuh jual beli dengan menukarkan hafalannya dengan es. Dapat pahala banyak dua2nya.Pahala nilainya besar juga lho rejeki itu tidak harus  berbentuk uang. Alhamdulillah ya Ummi.

Adzan Ashar terdengar dari masjid Al Hijrah dekat rumah.Rizky segera ke masjid sambil tak lupa mengucap salam dan doa keluar rumah. Jangan lupa doa masuk dan keluar masjidnya ya,  Ummi mengingatkan aku selalu tiap mau ke masjid.Nazwa bersiap juga berjamaah bersama Ummi di rumah.

Alhamdulillah…… hari ini aku bisa belajar berbagi bersama teman2. Semoga pahala buat aku,  adikku, Ummi,  Abi dan teman2 ku semua. Aamiin

Malamnya selepas maghrib Arkan dan Albi saudaraku datang lagi ke rumah. Mereka ingin barter lagi hafalan dan es. Baiklah silahkaaaan….😊😊😊

Catatan dari Ummi :Lain kali ingatkan temannya posisi murojaah duduk yang sopan jangan di atas sepeda dan kalau malam masuk aja ke ruang tamu. Ok,Mi. Trima kasih sudah mengijinkan es yoghurtnya dibarter dengan hafalan.

Januari 2017

Salam Ukhuwwah

RizNa